Usus Besar

Usus Besar

Resiko terserang kanker usus besar (kanker colon) menjadi semakin tinggi dengan bertambahnya usia seseorang.pada saat sekarang terdapat alat yang canggih yang dapat mendeteksi bahaya serangan kanker usus besar yang disebut colonoscope.seorang dokter ahli dapat memeriksa seluruh dinding usus besar dengan teliti untuk mendeteksi adanya tumor ataupun polip yang bila dibiarkan dengan berjalanya waktu bisa berubah menjadi tumor ganas (Kanker).

apanya yang dimaksud dengan Kolonoskopi?

kolonoskopi adalah tindakan untuk memeriksa saluran usus besar dengan menggunakan peralatan canggih berupa lensa serat optik yang sangat lentur yang dimasukkan melalui anus (dubur) sampai menjangkau usus besar.gunanya terutama untuk memeriksa keadaan dinding usus besar dari bahaya adanya polip atau kelainan yang dicurigai sebagain keganasan.

Persiapan yang harus dilakukan

untuk mendapatkan hasil yang akurat maka usus besar dibersihkan dari sisa makanan sebelum tindakan.sehari sebelum tindakn dokter akan memberikan instruksi mengenai jenis dan jumlah makanan yang boleh dikomsumsi agar dapat membantu pembersihan saluran usus besar.untuk membersihkan saluran usus besar,anda akan diinstruksikan untuk minum larutan pencuci perut pada sore hari dan malam hari sebelum pemeriksaan.patuhi instruksi tersebut secara cermat karena prosedur akan ditunda atau harus diulang apabila usus besar tidak bersih.kolonoskopi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.pada saat tindakan,yang kadang-kadang hanya berupa rasa kembung.tekanan diperut atau kram perut ringan.

Bagaimana pemeriksaan dilakukan

anda akan diinstrusikan untuk berbaring telentan atau menghadap kesamping.lensa serat optik akan dimasukan perlahan-lahan kedalam usus besar melalui anus (dubur).bagian dalam saluran usus besar akan terpantau secara jelas dan cermat oleh kamera pada ujung serat optik yang akan menyalurkan gambar hasil pemeriksaan ke layar monitor untuk dianalisa dokter dan gambar dapat direkam dalam rekaman video tape.

kemungkinan komplikasi dilakukan

komplikasi jarang sekali terjadi kecuali dalam tindakan pengambilan polip atau contoh jaringan usus besar yang dicurigai,bisa terjadi pendarahan kecil yang biasanya berhenti setelah beberapa saat.

Reader Comments



Welcome in blog cared Health

Thank you for taking the time to visit my blog! To you that felt did not yet know about the world of the health come on here the Solution to the life of your health !

Health Cafe by Health Life You

Search This Blog

Subscribe Now: standard

Translate Language


Masukkan Code ini K1-17893D-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com