Merokok menyebabkan kanker Hati

Hanya sekitar setengah dari yang terinfeksi dari jenis hepatitis C yang umum di Amerika yaitu genotip 1, dapat menghilangkan virus menggunakan terapi standar terkini. Oleh karena itu, selebihnya harus hidup dengan hepatitis C dan berharap kesehatan hati mereka tidak memburuk. Perubahan gaya hidup positif termasuk berhenti minum alkohol, berhenti merokok, menghindari racun, mekan diet sehat dan olahraga teratur tampaknya menghasilkan efek yang kuat untuk menghentikan penyakit hati semakin buruk. Kerusakan hati dapat menjadi progresif dan meningkat dari fibrosis menjadi salah satu tahap akhir dari penyakit hati berikut :
1. Sirosis, terjadi saat fibrosis memburuk, ketika kerusakan hati tak bisa dipulihkan dan darah tidak dapat mengalir ke organ ini.
2. Kanker hati, terjdai ketika kerusakan akibat perubahan gen di dalam sel-sel hati sehingga sel menjadi bersifat kanker.

Merokok dan Progresi Penyakit Hati

Berhenti merokok disarankan untuk orang yang menderita hepatitis C telah diketahui selama beberapa tahun karena asap rokok mengandung banyak racun dan dikenal sebagai karsinogen. Namun demikian, bukti kerusakan hati akibat merokok terlambat dikembangkan. Beberapa penelitian sebelumnya yang meneliti kaitan antara hepatitis C dan merokok sigaret :

  • Studi di Perancis yang dipublikasikan di jurnal GUT pada Januari 2003 menemukan bahwa merokok dapat meningkatkan aktivitas histologi hepatitis C kronik, tidak tergantung pada alkohol.
  • Dalam jurnal Clinical Gastroenterology & Hepatology edisi Juni 2006, para peneliti di Kalifornia menemukan bahwa perokok dengan hepatitis C cenderung lebih banyak menjadi fibrosis hati dibandingkan yang bukan perokok.

Merokok dan Kanker Hati

Sementara telah ada bukti mengarah pada kemampuan asap rokok merusak hati, saat ini terbukti pada pria dengan hepatitis c berisiko berkembang menjadi kanker hati. Para peneliti dari Texas menyelidiki merokok dan perilaku berisiko lain sebagai faktor-faktor risiko yang paling umum pada kanker hati dan kersinoma hepatoselular (KHS), para pria dan wanita penderita hepatitis C. Penelitian ini dipublikasikan di dalam International Journal of Cancer edisi Oktober 2008. Temuan mereka sebagai berikut :

  • Ada perbedaan antara perkembangan karsinoma hepatoselular pada pria dan wanita perokok penderita hepatitis C.
  • Pria penderita hepatitis C yang merokok mengalami lebih dari 136 kali lipat peningkatan risiko KHS.
  • Wanita penderita hepatitis C yang terlalu banyak meminum alkohol mengalami lebih dari 13 kali lipat peningkatan risiko KHS.
Para peneliti menyimpulkan bahwa tampaknya ada kaitan sinergis antara merokok dan infeksi hepatitis C pada pria. Karena risiko peningkatan lebih dari 100 kali, tidak diragukan lagi efek sangat merugikan dari merokok, sehingga untuk pria penderita hepatitis ingin mencegah penyakit hati berkembang menjadi kanker, berhenti merokok adalah hal utama yang harus dilakukan oleh mereka.

Reader Comments

The first time I visited your website, I found the happiness which is certainly very super.
Tipe Kanker Hati Primer



Welcome in blog cared Health

Thank you for taking the time to visit my blog! To you that felt did not yet know about the world of the health come on here the Solution to the life of your health !

Health Cafe by Health Life You

Search This Blog

Subscribe Now: standard

Translate Language


Masukkan Code ini K1-17893D-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com