Fungsi omega 3

Jika membicarakan manfaat Omega-3 untuk kesehatan, yang pertama kali terpikir adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Padahal, fungsi dari Omega-3 sebenarnya lebih dari itu. Salah satu fungsi dari Omega-3 yang masih kurang banyak dikenal adalah membantu menjaga kesehatan tulang.

Omega-3
Salah satu fungsi Omega-3 yang banyak dikenal adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kini, berbagai penelitian menunjukkan bahwa Omega-3 memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tidak hanya untuk menjaga kesehatan jantung. Pada American Journal of Clinical Nutrition, tercantum bahwa Omega-3 juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta berkaitan erat dengan lebih rendahnya tingkat risiko asma dan penyakit diabetes tipe 1. Dan kini penelitian terbaru menunjukkan bahwa Omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hebat ya!

Omega-3 dan Kesehatan Tulang
Hasil penelitian yang tercantum pada American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan adanya hubungan yang positif antara konsentrasi Omega-3 di dalam tubuh dengan kepadatan tulang. Ternyata, mereka yang memiliki konsentrasi Omega-3 di dalam tubuh yang lebih tinggi juga memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih tinggi. Sekadar catatan, konsentrasi Omega-3 di dalam tubuh yang tinggi menunjukkan konsumsi Omega-3 yang lebih tinggi pula.

Hasil penelitian ini juga didukung oleh beberapa penelitian dengan menggunakan hewan yang telah dilakukan sebelumnya. Sebuah hasil penelitian yang tercantum pada Journal of Bone and Mineral Reserach menunjukkan manfaat Omega-3 untuk menghambat terjadinya tulang keropos yang terjadi akibat proses menopause pada tikus.

Manfaat Omega-3 untuk kesehatan tulang ini diyakini berhubungan dengan kemampuan Omega-3 untuk meningkatkan sintesis senyawa prostaglandin pada sel-sel tulang. Senyawa prostaglandin merupakan senyawa yang berfungsi untuk mengatur proses pembentukan dan penguraian tulang. Omega-3 diyakini dapat menghambat aktivitas sel-sel osteoclasts yang berperan di dalam proses penguraian tulang dan meningkatkan aktivitas sel-sel osteoblasts yang berperan di dalam proses pembentukan tulang.

Dengan terhambatnya proses penguraian tulang dan meningkatnya proses pembentukan tulang, tingkat kepadatan tulang dapat dijaga sehingga mencegah tulang keropos. Hal ini telah dibuktikan pada penelitian dengan menggunakan hewan, yang menunjukkan lebih tingginya proses pembentukan tulang pada hewan yang banyak mengkonsumsi Omega-3.

Jadi, mulailah mengkonsumsi Omega-3. Kemaren dikasih tau temen ternayat ada minuman yang mengandung omega 3, rasa jeruk pula. Yummy…namanya hilo join plus alias hilo joint +. belum sempet nyoba sih…tapi kata temen it really works, terutama buat tulang dan sendi nya….

Reader Comments



Welcome in blog cared Health

Thank you for taking the time to visit my blog! To you that felt did not yet know about the world of the health come on here the Solution to the life of your health !

Health Cafe by Health Life You

Search This Blog

Subscribe Now: standard

Translate Language


Masukkan Code ini K1-17893D-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com