Penyebab penyakit jantung Koroner

penyakit jantung koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembulu koroner) dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses septerti penibunan jaringan ikat,perkapuran,pembekuan darah,dll yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembulu darah tersebut.hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark jantung. yang dalam masyarakat dikenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

beberapa faktor resiko terpenting penyakit jantung koroner

- Kadar kolesterol total dan LDL tinggi

- kadar kolesterol HDL rendah

- Tekanan darah tinggi (hipertensi)

- merokok

- diabetes mellitus

- kegemukan

- riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga

- kurang olah raga

- stress

bila anda menyandang salah satu atau beberapa faktor resiko tersebut diatas, anda dianjurkan secara berkala memeriksakan kesehatan jantung anda kepada seorang ahli.adanya dua atau lebih faktor resiko akan berlipat kali menaikkan resiko total terhadap penyakit jantung koroner.

deteksi penyakit koroner

beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit jantung koroner antara lain: ECG, Treadmill, Echokardografi dan arteriorgrafi koroner ( yang di sering dikenal sebagai katerisasi ).

dengan pemeriksaan ECG dapat diketahui kemungkinan adanya kelainan pada jantung anda dengan tingkat ketepatan 40 %.kemudian bila dianggap perlu anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Treadmill Echokardiografi.

berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut kemungkinan anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Arteriografi koroner (Katerisasi) yang mempunyai tingkat ketepatan paling tinggi (99-100%) untuk memastikan apakah anda mempunyai penyakit jantung Koroner.

Reader Comments



Welcome in blog cared Health

Thank you for taking the time to visit my blog! To you that felt did not yet know about the world of the health come on here the Solution to the life of your health !

Health Cafe by Health Life You

Search This Blog

Subscribe Now: standard

Translate Language


Masukkan Code ini K1-17893D-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com