Diabetes Mellitus

diabetes mellitus (Kencing Manis) merupakan suatu jenis penyakit hormonal, timbul akibat ganguan produksi atau ganguan dari penggunaan insulin. insulin merupakan hormon yang diperlukan untuk mengubah gula, Karbohidrat, dan zat lain menjadi energi untuk kehidupan. Penyebab pasti penyakit ini masih misteri, meskipun faktor genetik dan lingkungan ( seperti kegemukan dan kurang olah raga) memgang peranan penting.

saat ini ada tiga tipe diabetes, yaitu:
1. Diabetes Tipe 1, timbul karena pankreas gagal/hanya sedikit dalam memproduksi insulin, sehingga timbul peningkatan kadar gula. umumnya timbul pada usia 8-12 tahun, dan wanita lebih awal 1,5 tahun. Gejala yang timbul antara lain: sering kencing, rasa haus / lapar yang berlebihan, penurunan berat badan (10%-30%),mudah lelah, emosional, dan yang sebagainya.
faktor penyebabnya antara lain: proses autoimmum yang meyebabkan kerusakan sel beta Pankreas, Virus (Mumps,Coxsackie,Hepatitis), diet (Tidak minum ASI,Konsumsi nitrosamin dalam jumlah besar), keracunan , stress dan sebagainya.
2. Diabetes Tipe 2 ,timbul dari resistansi insulin (tubuh gagal untuk menggunakan insulin secar baik,baik penggunaan ataupun sekresinya), dan terjadi defisiensi relatif dari insulin.umumnya timbul pada usia 40 tahun keatas, wanita lebih banyak daripada pria. gejala pada diabetes pada tipe 1, ditambah : sering terjadi infeksi, penglihatan kabur,luka sukar /lama sembuh, rasa tebal pada tangan dan kaki, infeksi berulang pada kulit.mulut ataupun salauran kemih. faktor penyebab terpenting adalah genetik dan kegemukan. selain diabetes tipe 2,terdapat istilah Pre-diabetes .pre diabetes timbul bila kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes tipe 2
3.Gestasional Diabetes, yaitu diabetes yang timbul pada wanita hamil. terjadi pada sekitar 4% wanita hamil.
penatalaksanaan yang perlu dilakukan.
-diet, yang dianjukan adalah 10-20% kalori dari protein,<10% kalori dari lemak saturated dan polyunsaturated, sisanya diperoleh dari lemak mnounsaturated dan karbohidrat, hindari pula konsumsi makanan yang mengandung gula murni.
-Olahraga ,Terbukti dapat memperbaiki tolerasi glokosa dan menurunkan pengobatan.
-obat-obatan Oral , khusunya pada diabetes tipe 2.misalnya golongan biguanide (metformin ) sulfonilurea (Glimepiride,Glipizide,Glyburide),Thaizolidinediones (Pioglitazone, rosiglitazone),a-Glucosidase inhibitors (Acarbose,Migitol).
-Insulin, baik short acting, intermediate , ataupun long acting insulin, insulin diberikan pada diabetes Tipe 1, selama terapi, baik dengan obat oral ataupun insulin, Gula darah dipertahankan pda level 80-150 mg/dl (4.4-8.3 mmol/L).

Reader Comments



Welcome in blog cared Health

Thank you for taking the time to visit my blog! To you that felt did not yet know about the world of the health come on here the Solution to the life of your health !

Health Cafe by Health Life You

Search This Blog

Subscribe Now: standard

Translate Language


Masukkan Code ini K1-17893D-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com